.Kode HS, SITC, dan BEC.

Kode Pengelompokan Barang Bea Cukai

Harmonized System (HS)

HS adalah berupa deskripsi dan pengkodean sistem yang harmoni dari tatanama bea cukai. HS merupakan sistem yang sudah terstandardisasi secara Internasional, baik deskripsi nama maupun nomor atau kodenya, yang digunakan untuk mengklasifikasi perdagangan produk atau barang yang dikembangkan dan diatur oleh World Customs Organization (WCO), yang sebelumnya disebut Customs Co-operation Council, sebuah organisasi lembaga antar-pemerintahan yang independen dengan lebih dari 170 negara anggota yang berpusat di Brussels, Belgium.

Kode HS mempunyai 6 digit nomor. Empat digit pertama disebut heading, dua digit berikutnya disebut subheading. Negara-negara yang telah memakai kode HS ini tidak diperbolehkan untuk mengubah deskripsi atau keterangan nama yang berhubungan dengan heading dan subheading dengan cara apapun. Selain itu, mengubah kode pada empat atau enam digit kode HS pun dilarang. Hal inilah yang akan tetap membuat kode HS seimbang dan harmonis.

Negara individual dapat memperpanjang kode HS menjadi delapan atau sepuluh digit untuk keperluan yang beragam, misal untuk maksud atau tujuan kode ekspor. Lebih dari 200 negara, beragam dan berkoalisi ekonomi, melakukan lebih dari 98% dari perdagangan dunia, menggunakan sistem peng-kode-an HS untuk:

  1. Bea dan cukai
  2. Kumpulan statistik perdagangan internasional
  3. Kumpulan pajak internal
  4. Negosiasi perdagangan
  5. Statistic dan bea transportasi
  6. Pengawasan terhadap barang-barang yang dikendalikan (misalnya, narkotika, senjata kimia, barang berbahaya, dan lain-lain)
  7. Lingkup berbagai macam pengawasan dan prosedur, termasuk beban resiko, teknologi informasi dan pendukungnya.

Kode HS ini telah di revisi tiap tahunnya. Jadi, sangatlah penting untuk menyesuaikan kode yang berhubungan dengan perdagangan ini dengan perubahan kode beberapa tahun lalu. Kode HS terdiri dari berjumlah kurang lebih 5000 deskripsi artikel atau produk yang terdiri dari heading dan sub heading, diatur dalam 97 bab, dan di kelompokkan dalam 21 golongan.

Standard International Trade Classification (SITC)

SITC merupakan suatu pengklasifikasian barang-barang yang digunakan untuk mengelompokkan ekspor dan impor dari suatu negara yang dapat dibandingkan dengan negara dan tahun yang berbeda. Sistem pengklasifikasian ini dibuat oleh United Nations (UN). Klasifikasi berdasarkan kode SITC, saat ini telah di revisi sebanyak tiga kali untuk menjadi sebuah standar untuk negara-negara di dunia. Revisi terakhir dilakukan pada tahun 2006.

Untuk memenuhi angka statistic perdagangan internasional di seluruh barang/komoditi yang masuk dalam perdagangan Internasional. Pengelompokkan komoditi berdasarkan kode SITC adalah berdasarkan:

  1. material yang digunakan dalam produksi
  2. tahap proses produksi
  3. praktek dan penggunaan komoditi di pasar perdagangan
  4. tingkat kepentingan komoditi di perdagangan internasional
  5. perubahan teknologi

Broad Economic Categories (BEC)

BEC merupakan pengklasifikasian kode barang dengan 3 digit angka, yang dikelompokkan berdasarkan kegunaan utama barang berdasarkan daya angkut komoditi tersebut. Seringkali kode BEC ini digunakan untuk analisis umum dalam perekonomian pada data perdagangan komoditi Internasional. Sistem kode BEC ditetapkan dengan merujuk kepada sistem kode SITC, yang telah dijelaskan sebelumnya.

BEC yang original diterbitkan pada tahun 1971, dan direvisi pada tahun 1976, 1986, dan yang terakhir pada tahun 1988. Pada tahun 2007, revisi kode BEC keempat sedang dalam pembicaraan, termasuk kemungkinan perpanjangan kode BEC agar dapat mengikutsertakan jasa perdagangan. Berikut kategori pengelompokkan kode BEC adalah sebagai berikut.

  1. BEC-1: Makanan dan minuman
  2. BEC-2: Persediaan industri
  3. BEC-3: Bahan bakar dan minyak pelumas
  4. BEC-4: Barang-barang besar (kecuali peralatan transportasi) dan aksesoris serta bagiannya.
  5. BEC-5: Peralatan Transportasi dan aksesoris serta bagiannya.
  6. BEC-6: Barang-barang konsumsi
  7. BEC-7: Barang-barang lain yang tidak termasuk pada kode BEC manapun.

Cheers,

Enjoy your life to the fullest.. :D

About these ads

11 thoughts on “.Kode HS, SITC, dan BEC.

  1. wah.., makasih banyak review klasifikasi kode perdagangannya. Kalo boleh, punya bahan penjelasan lebih jauh ga khususnya soal pengklasifikasian kode BEC. kebetulan saya sedang perlu sekali, tp cari bahannya agak susah. terimaksih sebelumnya. kalo boleh kirim ke deasi_natalia@yahoo.com. makasih Dek Silvia… :) salam kenal

  2. Hai,…salam kenal yah…tulisan kamu ini sangat ngebantu saya loh dalam mengerjakan skripsi saya…klu boleh minta tolg…bisa gak Silvia kirim referensinya ke email saya (yermia_pehulisa@yahoo.com)..
    sebelumnya makasih bgt y….sukses slalu bwt kamu…

  3. Hi mbak Silvia. Pertama sekali, semoga kabar Mbak dan keluarga baik.

    Thanks telah mem-posting artikel di atas, berhubung adanya keperluan bagi aku atas pengetahuan menyeluruh mengenai HS, SITC, BEC dan segala sesuatu yang berhubung dengan Export-Import serta kepabeanan, maka bolehkah aku memohon bantuan kamu untuk mengirimkan bahan-bahan tersebut ke alamat email aku, di: ch4rl3st4n@gmail.com

    Sudi kiranya untuk membantu aku ya. Sebelum dan sesudahnya, aku ucapkan banyak terima kasih. Semoga kamu&keluarga sehat selalu, makin sukses dan selalu tercapai
    semua yang dicita2kan. Terima kasih yah… Thank you very much much =)

    (Mungkin Mbak bisa sekalian merekomendasi ke aku situs2 yang bermanfaat untuk pengetahuan bidang export-import dan kepabeanan… Tq yah.. =))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s