.Tawar Menawar vs Beramal.

Wuhuuuuuu,  I finally got my mood back to write something in my blog after months. Yes, life has changed, and keep changing. Uda lama banget banget saya ga ngepost apapun disini. sebenernya sangat amat banyak yang mau saya tulis selama perjalanan Desember 2009 dan juli-agustus 2010, perjalanan tesis, perjalanan kerjaan. toooooo many stories i wanna share.. maybe later I would share all the experiences.

klo untuk sekarang, saya mau share sedikit tentang kegiatan jual beli. saya termasuk orang yang klo ke pasar ato ke mana pun, membeli apapun, naik bajaj ato ojek ato apapun, pasti melakukan suatu kegiatan yaitu TAWAR MENAWAR. yak, karena mama saya adalah penawar harga yang sangat handal, jadilah menurun ke anak nya yang satu ini. saya jadi sering menawar barang atau apapun lah yang dijual orang dengan sangat “afgan” nya (agak sadis maksudnya) hehehe..

sampai suatu saat, seseorang sahabat saya, menegur tentang ‘keahlian’ (konotasi buruk) saya dalam tawar menawar ini. sangking sadisnya saya nawar suka ga liat siapa sih yang ditawar? pedagang macem apa sih yang ditawar? berapa sih keuntungan beliau ketika berhasil menjajakan dagangannya? berapa sih penghasilan mereka perbulan untuk membiayai hidup keluarganya?

ya ya hal ini lah yang sangat MISSED dalam pola pikir hidup saya. in the other hand saya suka memberi duit kepada peminta2 di jalanan yang which isssss literally ga pake usaha sama sekali, cuma modal tangan menadah dan suara serak-serak basah. Well, by that time I realized, I’d better give extra money to those who had a big effort to do something useful for their lives.

Sooo I just wanna engage you all to not having ‘sadis’ bargaining things with pedagang kecil, asongan, kaki lima, etc, yang notabene berjualan untuk menyambung hidup nya. Janganlah mempermasalahkan barang 1000 -2000 perak ke pedagang kecil, im almost sure duit 1000-2000 itu sangat amat berharga buat mereka. and sedikit tips dari saya, mulai lah membiasakan beramal lewat pedagang2 ini, yang sudah sangat jelas usaha mereka demi mendapatkan uang. daan mulailah bersyukur atas apapun (hal-hal yang paling kecil sekalipun) yang diberikan oleh Allah SWT kepadamu. andd dont forget to say Alhamdulillah🙂

Cheers,

Enjoy your life to the fullest🙂

@silvvvi

Leave a Reply

