.A Glimpse of Year 2013 (Part 2).

Yesss, here it comes, A Glimpse of year 2013 part 2. Let me share with you what happen in May onwards..

Wait wait, glimpse artinya apa sih? Serius ini mah, gw ga tau arti sebenernya sih.. let me check ke kamus (literally gw nyari ke kamus) dan artinya adalah sekilas.. hahaha bener2 itu yg gw maksud.. so buat yg lagi baca, ini bener-bener cuma sekilas aja (baca: cuma yang happy happy doang) dari yg gw alami.. well, life is like roller coaster, really believe in this quote. That’s f***in happen.. so, I only provide the happy happy story.. hehehe… Check it out!!

oiya, btw, klo males baca, ya di close aja sih blog nya.. jangan terjadi pemaksaan yaa disini.. Peace yoo..

May 2013

7. Surabaya

Meskipun gw orang malang yang notabene kotanya deket ama surabaya, tapi gw ternyata ga cukup tau ttg kota ini. Kesan pertama, ya ampun Surabaya ini macet bener yaaa.. yaa uda menuju 84,999% nya macet nya Jakarta deh.. oke disini yang gw lakukan adalah makan, iyee makan kayak biasanya.. kuliner pertama adalah Rawon Nguling. Ini sebenernya tenar di pasuruan ama malang ( yg which is gw pulang tiap tahun pas lebaran), tapi yaa krn lebaran itu, jadi tutup semua dehhh rawon nguling disana. Jadilah saya mencoba yg di sby ini. Hmmm biasa ajaa ye ternyata, enakan rawon di Lombok (loh?, beneran ini mah enak rawon di Lombok, Mataram). Udah makan ini aja? Hahaha tenaanngg bulan Juni dst gw kesini lagi :p

8. Jogja Part 2

Dari Surabaya, gw lgsg flight ke Jogja. Ke Jogja kali ini untuk misi yg agak kurang penting sihh, yaitu meng-entertain direktur pemerintah sebelah, demi melancarkan apapun yang diurus kedepannya. Yaahh gapapa, lumayan bisa Facial plus makan SS. *tetep SS.. kenapa ya gw sama tempat makan ini, ada dukun nya kali ya.. serius biasa aja makanannya, misal sambel terong, see biasa aja kan. Tapi enaknya plus nagih nya bisa biking gw dateng lagi dan lagi. Sebenernya di Jakarta uda ada, tapi please di bintaro.. kurang jauhh hahaha…

June 2013

9. Jogja Part 3

Misi kali ini adalah training.. lebih tepatnya menemani orang dari departemen sebelah training, dan gw jadi ikut2 training hahaaha.. ini dia yg gw suka dari jogja, selesai training jam stgh 3 di SH 2, dan gw masih sempet FACIAL plus MAKAN SS plus update gossip dikit sama Nanda dan mengejar flight balik ke jkt jam stgh 8, thanks to bebeb Nanda yang (gw yakin sih terpaksa) nganter gw pake motor ke bandara.. Luar biasaaa kan!! Hahahaha..

Oh iya, mungkin pada bingung kenapa gw facial nya di Jogja, toh di jkt juga banyak. jadi begini dengan harga yang sama di Jogja gw uda bisa mendapatkan facial yang pake serum dan agak plusplus dikit. di Jogja gw facial di Natasha, perbedaan harganya lumayan jauh 50-70rb di banding natasha jakarta. Klo di jakarta, facial biasanya gw di La diana di daerah gajah mada, yang lumayan agak effort dari rumah kesana, jadinya malah lebih seneng facial di Jogja.

10. Pasuruan

Ini sebenernya aji mumpung mampir ke rumah Nyik n (alm) Yai dulu, dines nya sih ke Malang n Jember. Tapi gapapa lah bisa berangkat earlier, untuk menjenguk (alm) Yai yang lagi sakit. Bukan gw namanya klo ga memanfaat kan kesempatan dan kesempitan. Sempettt banget makan Rawon Sakinah di kota pasuruan nya.. ah iya gw lupa, menurut gw rawon yang paling JUARAA itu adalah rawon Sakinah ini. Rawon setan, Rawon nguling, Rawon Lombok, Rawon di pasar senen, Rawon di resto handayani mah semua lewaaattt.. *deh ampe nelen luda ngetik nya.. tapi beneran ini mah.. jadi sepanjang makan rawon itu ada namanya Sate Komoh, nah sate iniii lah yang bikin rawon nya enak.. mungkin bisa nanti mampir kesini yaa klo lewat ke kota pasuruan. Hehehe. Ini dia penampakan rawon sakinah plus sate komoh.

Image

11. Jember

Akhirnya kesampean juga ke lebih timur nya lagi jawa timur.. pengennya sampe ke banyuwangi plus kawah ijen, tapi apa daya waktu tak mendukung.. next trip lah yaa.. Disini ditemani guide cantik named Aya yang lagi dines di Jember.. disini gw makan (apalagi sih selain makan) Tahu Telor plus Bistik Lidah.. tahu telor nyaa enakkk.. nahh yang agak ane itu bistik lidah tadi yang emang khas nya Jawa timur.. hehehe.. selain itu makan bakso solo sama salah satu resto seafood di Jember, lupa namanya, lumayan enak tempatnya, klo masakannya relative hehehe.. Ini penampakan nya bistik lidah di Jember:

Image

12. Surabaya

Nahh, abis dr Jember kita ke Surabaya, balik kesini cuma sekitar beberapa jam aja (nganter temen kantor yg flight back to jkt) dannn yg gw lakukan dalam beberapa jam ini adalah makan Bebek Kayu Tangan.. rekomendasi nya Shelly ini enakkk.. ga bisa sihh dibandingin ama bebek boromeus atau bebek kaleyo.. beda tipe nya..

Image

13. Malang

Dari Surabaya, kita ke Malang, ini sih saya sambil menyelam minum segalon air. Dines disini 2 setengah hari aja, uda bisa bikin saya makan buanyaaakkk… ada satu makanan yang gw suka banget di malang ini, yaitu Sego Bug. Sego bug ini aslinya sebenernya dari Madura, Cuma karena ga pernah pergi kesana, ya makan nya disini aja. Sego bug ini sebenernya porsi makan besar, tapi gw sering bikin jadi sarapan haahhah keterlaluan sih emang.. sego bug itu adalah nasi putih + sayur lodeh ga manis + serundeng kelapa + jeroan/daging ( yang bisa dipilih sesuai selera). Selera gw? Hahaha lidah campur babat + sambel yang banyaakk.. *sukses nelen ludah lagi barusan. Gw 2 x aja kesini buat makan. Ini dia penampakan Sego Bug:

Image

Social Media emang punya pengaruh cukup besar thdp perkembangan kuliner di Indonesia. Salah satu nya gw mengenal Cwie Mie Setan dr jejaring sosmed. Okee, mari kita coba. Nyampe sana, malem plus hujan lumayan, masih cukup heran dengan antusias antrian yang ada disana.. rameeee banget,.  Ternyata emang mie nya setan beneran.. gw coba yang level 2 (whichhh cabe nya 25, iya 25!!!) baru level 2 sodara2, dannn gw uda super kepedesan.. ini mah cabe dikasi mie..

Image

Selain ituu, ga lupa dong makan tahu telor lonceng.. dengan harga 6000 rupiah saja, uda dapet 1 porsi tahu telor plus lontong hehehe.

July 2013

14. MAKASAR!!!!

Wuhuuuu Makassar…. Ini kedua kalinya gw ke Sulawesi ( yg pertama ke bunaken manado 2 tahun lalu).. Oiya, beberapa perjalanan dinas ini, gw bersama Mbak Asih.. Begitu tau mau ke makassar ya sebenernya pengennya extend, pengen ke torajaa… tapi ihiks karena temen yang di Makassar hr sabtu nya masih kerja, jadi pupus lah harapan mau ke toraja.. sebener nya klo mau nekat bisa ke tanjung bira sih, punya om yang lagi dines disana. Tapi karena baru kemaren bau-bau pantai derawan nya masih ada, jadi agak agak males ke pantai lagi. Oke akhirnya niat sudah di kumpulkan kita niat hanya wisata kuliner (mksdnya selain kerja nya itu sendiri yaa,, hahaha matek klo bos gw baca kerjaannya cuma makan doang) hahahaha..

Okee, wisata kuliner dimulai dariiii, hmm gw lupaaa namanya ikan apaa.. gw kasi penampakannya aja yaa.. ini dia:

Image

Really good start ini buat kuliner pertama di makasar.. sebagai pencinta ikan, gw merasa berbunga2 hauahahah lebay sumpah.. oke next, makan apa kita malam nya.. pilihan jatuh ke Sop Konro Karebosi Bakar.. well sebenernya ini banyak di Jakarta, tapi gimanaa gitu klo uda ke makasar, malah ga makan aslinya..

Image

Hari ke dua di makasar, yang ada di otak gw, makan apa kita siang ini hahahaha.. work hard eat harder lah ya.. karena kerjaan nya yang lumayan sibuk (ceileh) gw baru bisa makan siang jam stgh4, akhirnya keputusan jatuh ke Mie Titi, berbekal bapak supir taksi yang mengantar kita dimana mie titi yang enak hehehe. ini mie paling aneh sih, but surprisingly enaak *komen gw tetep sama ama yang di instagram. ini dia penampakan Mie Titi.

Image

Setelah kenyang, uda mau menjelang sunset, ga afdhoool dong klo ga ke pantai losari.. mariii kita bersunset di pantai losari, sambil beli Pisang Epe yang bertaburan di area pantai sini.. karena gw sm Mbak Asih masih kekenyangan mie titi, akhirnya pisang epe nya dibungkus di makan di hotel.

Begitu sampe hotel, whatsapp dr temen kantor a.k.a Fira masuk, dan kebetulan lagi di makasar jugaa dannn, ngajak makan keluar.. ahhahaha.. lanjuuut dinner di Ratu Gurih.. iniiii baru seafood hahaha.. mantap bangettttt disana, padahal jam stgh 4 itu gw abis makan mie titi, tapi ga ngaruh aja begitu ketemu ikan bakar hehehe.. Beginilah penampakan alap alap kita yang dibuat makan ber 4..

Image

Belum sampai siniii, ternyata keberuntungan gw, karena flight nya sabtu siang jam stgh 2, dann ternyata ada Dita yang dengan cantiknya menawarkan kita snorkeling di Pulau Kodingaren yang berjarak cuma 15 menit by boat dari pantai losari daaan menjanjikan jam 12 uda bisa sampe hotel buat check out.. woaaa, super excited.. ga sia siaa jugaa ke Makassar jauh-jauh, tapi sempet bangett snorkeling kesini.

Pulau kodingaren ini deket sama Pulau Samalona yang tenar, tapi di samalona udah rame banget, jadilah kita ke pulau Kodingaren saja.. Kata-katanya sih paling cantik pulau nya, tapi karena gw belum pernah, jadi ga bisa membayangkan.. Super Thankksss buat Dita dan temen-temennya yang mau ngajakin gw kesiniii.. Sweet escape bangett…

Image

Yang paling ajaib nya lagi sempet aja makan ke Coto Makassar during our way to bandara.. hahaha pluss sempet beli oleh2 otak2 yang enak itu.. lengkap sudah lah perjalanan gw ke Makassar yang beyond expectation..

15. Denpasar

Kota berikutnya Denpasar.. Cuma sehari pergi pagi pulang malem. Yang bikin mupeng adalahhhh banyak orang kesini pake celana pendek + kaos + sandal jepit, sedangkan gw baju kerja.. hahaha super mupeng.. ahh iya gw lupak, ini juga pas puasa kesini, ga asoy banget deh, tapi berkahnya sempet bange ngebungkus Nasi Pedes Bu Andhika buat buka puasa heehhehe.. *sambil dalam hati merencanakan ke bali di bulan November.. hehehe..

16. PHUKETTT!!!

Nahhh ini yang ga terduga-duga, dapet invitation buat workshop disana.. (berhubung bulan puasa, workshop ko bulan puasa hahaha.. dan ternyata cuma gw yang puasaa, pantes aja gw doang yg agak bawel ahahha )

hmm, karena hawanya kerja jadi kurang excited sihh, plus lagi tahun 2012, gw baru kesana sama Nise n Inggi.. tapiii, namanya juga gratis kesini, harus dimanfaatkan juga doong ke tempat2 yang belum pernah di kunjungi tahun lalu.. Tahun lalu gw mengunjungi Phi phi Island, James Bond Island, and weekend market.. so harus yang selain ini dehh.. hehehe..

Nah secara yang ini dalam rangka kerjaan, jadi lah dapet hotel nya enak dipinggir Patong beach (klo dulu karena bayar sendiri, hotel nya agak jauh dr patong hahaha).. abis ke Patong, kita jalan2 ke Jungecylon (gw ga tau spelling yang bener nya) dan berhasil mencari tempat makan yg semua khas nya Thailand. Dimulai dari Tom yam, Papaya Salad, Padthai, Thai tea, plus dessert Mango sticky rice.

Besoknya, ternyata ada jadwal team building yang di manfaatkan city tour (hahahaha kedok abis), jadilah kita muter2 kota phuket, dari mulai ke Kata View Point, yang merupakan titik tertinggi nya Phuket, Ini dia penampakannya:

Image

trus lanjut ke pabrik yang buat kacang mede, trus ke pabrik madu n lebah2 gitu, terus nya lagi ke Big Buddha Temple, yang literally GEDE bangettt..

Image

Gw sama bos gw memutuskan untuk extend semalem, dan pilihan jadinya jatoh ke nonton Phuket Fantasea Show..

Image

well, untuk show nya same as my expectation, but packaging dari tour itu sendiri yang beyond my expectation, jadi sebelum masuk ke gedung show nya, di taman luar nya itu full of wahana kecil2, plus lucu, will be better klo kita nyampe di wahana itu 1-2 hour earlier, jadi bisa menikmati dulu apa aja yang ada di luar gedung nya. Since kita mepeet datengnya, jadi lah langsung masuk ke show nya. Oiya, tiket nya itu ada yang ketengan (cuma show aja) atau ada paket show + dinner, dan ada juga paket show + dinner + pick up at hotel. Setelah ditimbang, kayaknya lebih ekonomis yang show + dinner + pick up, dan lagi kita dapet diskon dari tour agent yang oke banget ini. Ini email dari Mr Puttachat yang selalu gw hubungi pas ke Phuket : naranong_2524@hotmail.com. Recommended!!

Satu hal lagi yang gw salut dari phuket yang uda jadi kota wisata ini adalah, mereka bisa mempackage semua liburan dengan baik.. Maksudnya, if lu memilih ke satu tujuan (missal ke phi phi, atau ke james bond, atau mau city tour, atau mau phuket fantasea, atau mau show thai boxing, atau mau show transgender itu), paketan harga nya itu adalah dimulai dari di jemput di hotel, sampai dianter balik lagi ke hotel. Jadi wisatawan disana ga perlu worried di bohongin dsb.. Cuma mesti lebih pinter milih tour agent.

Ceritanya to be continued yaaa untuk bulan August dan seterusnya.. Stay Tunee!!!

“Life is too short to be worried and not move on to the next step. Get out of your comfort zone. Live your life to the fullest.”

Cheers

Silvi 🙂

Advertisements

.The 5th World Youth Congress 2010, Istanbul, Turkiye.

Pada tanggal 31 Juli – 13 Agustus 2010, satu orang  mahasiswa program studi magister Teknik dan Manajemen Industri ITB, Silvia Rahmawati,  dan satu orang mahasiswa program studi sarjana Teknik Industri ITB, Annisa Lifta Kurnia Dewi, menjadi delegasi Indonesia untuk The 5th World Youth Congress 2010 yang diselenggarakan di Istanbul, Turki. Event besar yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali ini, merupakan suatu acara yang mempertemukan 1400 pemuda dari 147 negara di dunia sekaligus dalam rangka mensukseskan program tahunan Istanbul sebagai European Capital of Culture.

Kegiatan ini mendatangkan pemuda dari seluruh dunia untuk saling bertukar pengalaman mengenai keistimewaan, permasalahan, konflik yang telah maupun sedang terjadi di masing-masing negara dan sekitarnya, saling bertukar pikiran mengenai misi nilai kebudayaan masing-masing, dan saling menginspirasi untuk mencari solusi dari permasalahan dunia saat ini. The 5th World Youth Congress 2010 yang diadakan di Istanbul, Turki merupakan rangkaian yang kelima setelah sebelumnya diadakan di Hawaii (1999), Maroko (2003), Skotlandia (2005), dan di Quebec City (2008).

Pada kongres ini, terdapat beberapa kategori delegasi, yaitu young activist, young educator, young journalist, young artist dan young entrepreneur. Para delegasi negara di seluruh dunia ini akan mengikuti berbagai workshop yang telah dipersiapkan oleh panitia setempat. Tema dari workshop pada kongres ini pun sangat beragam, dimulai dari topik yang sedang hangat dibicarakan dunia yaitu mengenai Milennium Development Goals (MDGs) pada tahun 2015 dan global warming, lalu mengenai kemiskinan, sistem edukasi, isu kesehatan, manajemen proyek, manajemen konflik, peace, HIV/AIDS, kebudayaan di berbagai negara, politik, regional konflik, sustainable development sampai pada workshop mengenai topik softskill yang diperlukan, seperti leadership, self awareness, public speaking, photography, meditation, interview, debate, lobbying technique, self empowerment, hingga berbagai macam Turkish handicraft dan art.

Para delegasi diminta untuk memilih satu pada tiap sesi dan pada 5 hari pertama, diantara setidaknya total 150 jenis workshop yang disediakan panitia pada kongres ini. Selain workshop, pada kongres ini juga terdapat roundtable discussion dengan berbagai macam topic yang sedang hangat diperdebatkan. Pada roundtable discussion ini, tiap delegasi diharapkan dapat mendiskusikan pengalaman, dampak, dan solusi dari tiap topik permasalahan yang telah disesuaikan dengan kondisi di negaranya masing-masing. Disinilah pertukaran nilai antar Negara terjadi, banyak hal yang dapat kita pelajari dari Negara-negara lain, karena penyelesaian konflik tiap Negara pastilah berbeda satu sama lain.

Pada 4 hari berikutnya, para delegasi dibentuk menjadi kelompok-kelompok kecil yang beranggotakan sekitar 25-30 orang untuk kemudian melakukan kegiatan bertajuk local action project, yang merupakan aksi sosial untuk pengabdian masyarakat. Kegiatan ini dilakukan pada di kota-kota luar Istanbul. Aksi sosial inilah yang merupakan titik berat pada kongres ini, karena disini para delegasi melakukan suatu hal yang konkrit untuk warga sekitar untuk sebuah tajuk pengabdian masyarakat. Sambutan dari warga lokal sekitar terhadap kedatangan para delegasi sangatlah baik dan antusias, sehingga menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan bagi seluruh delegasi.

Kegiatan ini sangat didukung oleh pemerintah dan seluruh warga Turki, khususnya Istanbul. Banyak fasilitas yang diperoleh para delegasi selama kongres berlangsung. Selain melakukan kegiatan yang banyak menguras tenaga dan pikiran, panitia pun menyiapkan tour untuk mengunjungi berbagai tempat bersejarah, eksotis, dan terkenal di Istanbul, seperti Hagia Sophia (Aya Sophia), Topkapi Palace, Blue Mosque, Sultan Ahmet Mosque, dan Miniaturk Turkiye. Selain itu, panitia juga menyiapkan boat trip menyusuri selat dan jembatan Bosphorus, yang merupakan selat yang membelah Turki bagian Asia dan Eropa, dengan menggunakan sebuah kapal pesiar yang besar dan mewah.

Penutup dari Kongres ini adalah dengan dilakukannya United Nations Carnival dengan dilakukan parade dan pertunjukkan sepanjang Taksim Square. Hal ini bertepatan dengan diluncurkannya International Year of Youth pada tanggal 12 Agustus 2010, yang diadakan oleh PBB. Sebagai penutup, harapan yang diinginkan dari berlangsungnya kongres ini adalah bagaimana para pemuda di seluruh dunia dapat melihat dan berpikir mengenai youth-led development, upaya-upaya untuk membuat kemiskinan menjadi sebuah sejarah, menciptakan kedamaian, hak asasi manusia, demokrasi, kepercayaan, relawan dan sebuah prosperous green economy akan membawa kebahagiaan berkelanjutan untuk setiap bangsa di bumi ini.


(Reported by: Silvia Rahmawati)

Cheers,

Enjoy your life to the fullest :D

.DÜNYA GENÇLERİ ÇORUM’DA.

İstanbul’da düzenlenen 5. Dünya Gençlik Kongresi’ne dünyanın tüm ülkelerinden katılan Bin 400 barış elçisi içerisinde 22 genç dün Çorum’a geldi.

Çorum Valiliği, Çorum Belediyesi ve Çorum Ticaret ve Sanayi Odası evsahipliğinde 4 gün boyunca ilimizin tarihi ve doğal güzellikleri görme fırsatı yakalaşacak olan gençlere Mahmut Atalay Gençlik Merkezi Müdiresi Mihrunur Karakaya ile Tercüman Neslihan Çiftlik eşlik ediyor.

http://www.corumhaber.net/index.php?option=com_content&view=article&id=8030&catid=51

Çorum’da ilk olarak Belediye Başkanı Muzaffer Külcü’yü ziyaret eden grup burada hem ülkenin hem de ilimizin genel durumu ile ilgili bilgi sahibi oldu.

Başkan Külcü’nün sıcak bir şekilde karşıladığı grup tercümanları aracılığıyla merak ettikleri soruları yönelterek ilimizi tanımaya çalıştı.

Gençlerin dünyanın diğer ülkelerini ziyaret etmesinin çok güzel olduğunu belirterek bu tür gezilerin insanlık tarihinin tanık olduğu gibi birbirlerini tanıyan farklı milletlerden kişilerin önyargılarından kurtulmasını ve sevgi ile barışın artmasını sağladığını ifade eden Külcü, “Umuyorum ki sizlerde burayı tanıdıktan sonra ayrıldığınızda birer kültür elçisi olacaksınız. Çorum 7 bin yıllık geçmişi olan 7 medeniyete evsahipliği yapan önemli bir tarihi ve kültürel geçmişi olan bir kenttir. Ülkelerinizde Çorum’un güzelliklerini anlatın. Türkiye ziyareti sizin için büyük bir fırsat. İstanbul’u, Çorum’u tanıyacaksınız, bu fırsatı iyi değerlendirin” dedi.

22 değişik ülkeden gelen gençlerle sohbet eden Külcü, gençlere Çorum’un tarihi ve kültürel yapısı, sanayisi, coğrafi özellikleri, eğitim durumu hakkında bilgi verdi.

Ziyaret sonunda Başkan Külcü ile hatıra fotoğrafı çektiren gençler daha sonra Çorum Müzesi’nde ilimiz tarihi ile ilgili sunuma katıldı. Bayraktepe’den Çorum’u izleme ve dinlenme fırsatı bulan gençler akşam da İnce Restaurant’ta Vali Nurullah Çakır’ın konuğu oldu.

Çorum’da 3 gün daha geçirecek olan gençler bugün Alacahöyük, Boğazkale ve Hattuşa’ya, yarın ise Şapinuva ile İncesu Kanyonu’na gidecek.

Cheers,

Enjoy your life to the fullest :D

.ASEAN University Student Conference 2009.

A week ago, i was participated in ASEAN University Student Conference, Bandung.. yaa, even my english so messy, yah little-little I can lah ya.. ahahhaa.. hmm,, met a lot of great people, brilliant thoughts, thousand ideas, million dreams, and of course billion culture..ahahahaa.. already miss u all my new friends in ASEAN USC..

hmm, kinda short of meeting, but i think that’s the begin of initiating youth awareness about our diverse culture in ASEAN.. why ASEAN cant be like “EUROPEthings”(i mean for the youth integrity)? i think most of youth in ASEAN only think about themselves, not even their country (boroboro mikirin negara, mikirin diri sendiri aja sulit..ahahhaa).. yes,  so do I..

WHY?? just big question that i donk know who could answer that.. just my curiosity after then.. but really wanna improve myself for keeping better, better and better for my beloved surroundings..

just wanna share that all of us have the RESPONSIBILITY to help our country to Preserving and Enriching our Cultural Heritage.. too much to describe our cultural heritage..

just could say, I’m very proud to be Indonesian.. 🙂

(aduh maaf ya english saya jeleeek parah..jadi maap2 deh klo ada yang salah..harap maklum.. :P)

here the declaration that we build and discussed only in 1 day.. (the bold one is my brilliant idea..aahahhahahaa)

-Joint Recommendation-

ASEAN University Student Conference

“Enriching and Preserving Our Cultural Heritage”

Asia Africa Building, Bandung, 22 May 2009

WE the students of the Member States of the Association of Southeast Asian Nation (ASEAN) namely Brunei Darussalam, the Kingdom of Cambodia, the Republic of Indonesia, the Lao People’s Democratic Republic, Malaysia, the Union of Myanmar, the Republic of the Philippines, the Republic of Singapore, the Kingdom of Thailand and the Socialist Republic of Viet Nam have met in Bandung, Indonesia, on 21-22 May 2009. Timor Leste also attended the Conference as observer.

We shared and exchanged national experiences on ways to enrich and preserve the rich cultural heritage of ASEAN. We acknowledged that each country has its own cultural heritage, tangible and intangible. Nevertheless, there are so many similarities among the cultures of ASEAN Member States.

We further acknowledged that respect for our cultural differences, as enshrined in the ASEAN Charter and elaborated in the ASEAN Socio Cultural Community Blueprint, are crucial in nurturing a sense of solidarity among youth and form an integral part of an ASEAN Identity.

We are committed to work towards establishing regular dialogue and interactions in order to engender better understanding and a sense of community among youth of ASEAN.

As the future leaders of ASEAN, we are ready to play an active role in the fields of cultural heritage, as well as other areas of socio cultural cooperation to support the establishment of an ASEAN Community by 2015.

Towards that goal and to realize a people-centered ASEAN, we have agreed to propose the following recommendations:

The Role of Youth In Enriching and Preserving Cultural Heritage

1. To address the adverse impacts of globalization, we need to promote the understanding and acceptance of multiculturalism to all ASEAN Youth as an integral part of ASEAN identity.

2. To heighten mutual understanding and encourage openness among ASEAN Youths to enrich our cultures.

3. To establish an ASEAN Youth Centre in order to implement and ensure sustainable projects for the preservation and enrichment of ASEAN culture as well as other areas of interest.

3.1. To urgeASEAN governments to develop interactive methods of teaching ASEAN history and culture through internet , games and exchanges among others.

3.2. To encourage the study of a second ASEAN language.

4. To encourage families to instill the importance of cultural heritage and to strike a balance between practicing existing culture and adapting new things. To provide assistance in promoting cultural heritage in grassroots level.

5. To promote and practice intangible cultural heritage through the active use of native language and local dialects as well as practice of costumary beliefs, rituals and performing acts.

6. To be commited to the principles of human rights in implementing the preservation of ASEAN cultural heritage.

OPTIMIZING CULTURAL HERITAGE FOR NATIONAL AND REGIONAL ECONOMIC DEVELOPMENT

1. The governments of each ASEAN member countries must emphasize the importance of cultural heritage in its Corporate Social Responsibility (CSR). Corporations wishing to run business in ASEAN nations must formulate its own regulations relative to the implementation of CSR, with a focus on preservation of cultural heritage.

2. To create an ASEAN identity by integrating similar cultures throughout ASEAN countries and capitalize this identity as a tool to create positive impression on investors.

3. Enhance Public-Private Partnership (PPP). Seek to create an environment where public-private partnership can thrive. Provide opportunities for both foreign and local investors to have a stake in developing a culture of understanding the value of preserving cultural heritage. Conduct a study of recommendations on how to coordinate the different efforts on PPP made by all the ASEAN countries and synergize into one consolidated action. This can be done by setting up a working committee to implement the recommendations. Recommendations could include, but not limited to, summits and conferences involving the private companies to inform them of the merits of PPP, with respect to preserving cultural heritage.

4. Increase the awareness of young people on cultural heritage through inclusion of the subject in primary school education curriculum. This can be enhanced by conducting field trips, foras and workshops. Increase people’s awareness through media (TV, audio video productions, websites, and youth TV programs).

5. Formulate joint policies between and among governmental departments to preserve cultural heritage from disappearing due to profit-driven investments (constructions, urbanization and tourism). Prevent trading or commercial use of tangible and intangible cultural artifacts and antiques through bilateral agreements among countries. Promote creative economy by having an active decision-making that involves local and regional cultural aspects.

THE ROLE OF ASEAN IN ENRICHING AND PRESERVING CULTURAL HERITAGE

1. Constructing ACOCI (ASEAN Committee on Culture and Information), and SOMY (Senior Official Meeting on Youth) into its maximum function to the priorities in 4 sections: research and development, educational exchange, promotion and preservation, and communication and information.

2. Establishing an ASEAN Youth Center in order to provide the forum for the youth in the objectives to solve the cultural problems among ASEAN countries. And also to support the , available ASEAN divisions, e.g COCI and SOMY to gain the functions, goals and job descriptions.

3. Formulating a declaration among governments regarding the following points: passing a law against the demolition on cultural sites and sharing partnership between youths of various nations in ASEAN.

4. Drafting a joint statement including the collaboration between tourism boards of ASEAN nation and subsequently creating the ASEAN Tourism Board, emphasis on social studies education by publishing the ASEAN History Book.

5. The ASEAN government should support the programs of the youth such as youth conferences and forums.

6. ASEAN should support the media as a means to campaign and promote the ASEAN cultural heritage. This could be in the form of advertising, movies and other means of utilizing technology.

7. The ASEAN should implement the tourism campaign to promote and propel the prosperity of ASEAN cultural heritage.

8. Each country in the ASEAN should preserve and conserve the ASEAN cultural heritage, collaborate the cultural performances in the ASEAN and implement a cultural exchange program.

9. ASEAN should empower its youth and provide a forum which will give an award to the countries which implement programs in enriching and preserving the cultural heritage.

10. The ASEAN should provide the funding for its youth which will be coming from the governments and NGOs.

11. Providing an exchange program for the university and secondary level and teach the secondary and primary level about the ASEAN culture and its development.

12. Implementing a policy to open our countries to share our culture and promote ASEAN cultural heritage as one.

13. ASEAN should create an office taking responsibility for cultural information (e.g. arts and cultural centre)

Adopted at the Gedung Merdeka in Bandung, Indonesia, on the twenty second day of the fifth month of year two thousand and nine.

Cheers,

Enjoy your life.. 🙂